I'm a Lemurian. We have highly advanced technology. I'm proud to be a Lemurian. Let's rise up towards a better country. with the lower ego, understanding others. Samprazan
Home » » Tips Atasi Nyeri Punggung Saat Hamil

Tips Atasi Nyeri Punggung Saat Hamil

Hampir setiap ibu hamil mengalami kejadian sakit punggung. Biasanya kejadian ini terjadi pada bulan ke-5 sampai waktunya melahirkan. Sebenarnya  terdapat hikmah yang cukup besar dibalik nyeriya pinggang ini. Tanpa kita sadari tubuh telah mempersiapkan diri menghadapi persalinan. Persendian pungung yang biasanya stabil, kini merenggang agar jalan lahir lebih mudah. Oleh karenanya Bu Bidan.com ingin sedikit berbagi agar kehamilan ini terasa lebih nyaman walau sakit punggung menghadang.
Beberapa tips yang bisa ibu hamil lakukan adalah :
  1. Mengusahakan agar pertambahan berat badan tidak melebihi yang disarankan. Karena kelebihan berat badan akan menambah beban pada pinggang.
  2. Mengusahakan untuk tidak menggunakan sepatu bertumit tinggi  sehingga tubuh tetap seimbang.
  3. Ketika  mengambil benda-benda berat seperti buku-buku, cucian, bingkisan,dan lain-lain lakukan dengan membungkuk dan bertumpu pada lutut bukan pada punggung  kemudian mengangkat dengan bertumpu pada lengan dan kaki, bukan pada punggung. Bila masih terasa sakit alangkah baiknya untuk membatasi diri agar tidak mengangkat benda-benda berat.
  4. Mengusahakan untuk tidak berdiri terlalu lama. Seandainya hal tersebut harus dilakukan cobalah untuk meletakkan satu kaki di atas kursi pendek dengan lutut di tekuk. Posisi ini akan membantu agar punggung bawah tidak menekuk ke dalam.
  5. Menggunakan handuk hangat atau mandi air hangat untuk mengurangi ketidaknyamanan dan ketegangan otot.
Semoga bermanfaat

Sumber : http://www.bubidan.com
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Education Of Lemurian - All Rights Reserved
Template Modify by Education of Lemurian
Proudly powered by Blogger