I'm a Lemurian. We have highly advanced technology. I'm proud to be a Lemurian. Let's rise up towards a better country. with the lower ego, understanding others. Samprazan
Home » » Bahaya Susu Formula Buat Bayi

Bahaya Susu Formula Buat Bayi

Bayi berusia sebulan dengan berat 2,2 kg datang bersama ibunya ke klinik layanan kesehatan dalam keadaan mencret berat, dehidrasi dan kulit berjamur. Ditangan sang ibu tampak botol dekil berisi cairan putih encer. “bayi saya beratnya 3,3 kg saat lahir” ucap ibu itu kepada dokter yang memeriksanya. Menurut dokter di Perkumpulan Perinatalogi Indonesia atau ahli kesehatan janin dalam kandungan, sakit yang paling fatal yang terjadi pada bayi yang mengkonsumsi susu formula adalah diare
. Data terakhir, diseluruh dunia ada 10 bayi meninggal setiap jam, atau sehari 240 bayi. Itu sama saja dengan dua pesawat boeing berisi bayi berusia dibawah satu tahun jatuh tiap hari. . Menurut dokter yang bekerja di unit perawatan intensif untuk bayi disebuah rumah sakit swasta, banyak kasus terjadi bayi mengalami serangan radang otak, kejang, necroenterocolitis atau penyakit infeksi pencernaan penting yang paling umum pada saat bayi baru lahir. Semua bayi tersebut umumnya bayi yang tidak mendapat air susu dari ibunya semuanya korban susu formula.
Menurut penelitian badan makanan dunia (FAO) dan badan kesehatan sejagat (WHO) pada tahun 2004, enterobacteriaceae yang menyusup dan bergerilya pada susu formula bubuk menyebabkan sakit pada bayi terutama infeksi sistemikseperti batuk-batuk, pilek, radang paru, necroenterolitis dan diare parah. 
Gangguan sistem kekebalan tubuh tersebut akibat mengkonsumsi susu formula tersebut, menurut dokter spesialis anak di Rumah Sakit St. Carolus Jakarta, dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak serta mempengaruhi dan memperberat gangguan perilakunya. Ketidakcocokkan tersebut bisa disebabkan adanya reaksi simpang dalam tubuh. Banyak gangguan organ dan sistem tubuh yang ditimbulkan  oleh alergi terhadap susu sapi. Reaksi hipersensitif terhadap protein susu sapi melibatkan mekanisme sistem imun. Sistem kekebalan tubuh bayi akan melawan protein yang terdapat dalam susu sapi sehingga gejala awal reaksi alergi akan muncul. Reaksi tersebut bisa terjadi akibat ketidakcocokan terdapat bahan dalam susu formula seperti kasein (protein susu sapi), laktosa, gluten atau jenis lemak tertentu. Bahkan terhadap bahan “jagoan” yang biasa disebut dalam iklan susu formula seperti kandungan DHA, minyak jagung, minyak kelapa sawit serta aroma rasa (vanila, coklat, madu dan sebagainya).
Gejala akibat ketidakcocokan terhadap susu formula bisa muncul dalam tempo cepat atau lambat, bisa kurang dari delapan jam atau lebih. Tanda dan gejala ketidakcocokan susu formula atau alergi susu hampir sama dengan alergi makanan. Gangguan tersebut dapat mempengaruhi semua organ tubuh, terutama pencernaan, kulit dan saluran nafas.
Dalam susu formula tidak terdapat sel-sel pembunuh kuman seperti pada air susu ibu. “Kalau bayi kemasukan kuman, kuman tersebut akan cepat dibunuh oleh sel-sel air susu ibu, sehingga bayi tidak jadi sakit. Belum lagi zat laktoferin dalam air susu ibu yang tugasnya mengikat zat besi. Bayi yang tidak mendapat air susu ibu zat besinya bebas dan kuman mebutuhkan zat besi yang bebas. Karna itu kuman seperti mendapat pupuk, tumbuh subur dalam tubuh bayi. Banyaknya kuman dalam tubuh memperbesar resiko munculnya leukimia pada anak dan kanker kelenjar yang disebabkan oleh virus. Selain menimbulkan penyakit infeksi, kandungan natrium pada susu fomula yang tinggi 58, berbahaya-natrium di air susu ibu hanya 15. Kalau masih bayi sudah mendapat mineral yang tinggi, resiko hipertensi dan stroke setelah dewasa menjadi lebih besar. Sedangkan kandungan protein kasein pada susu formula dapat menimbulkan gangguan kejiwaan , tidak semua bayi bisa mencerna kasein yang berat atomnya. Itu menimbulkan gangguan perilaku. Ada penelitian selama 14 tahun terhadap gangguan emosi kejiwaan bayi yang mendapat susu formula-Violence behaviornya lebih tinggi. Merujuk  pada ungkapan di Jawa dan Bali, bayi yang mendapat susu formula disebut “anak sapi” karena perilakunya lebih kasar.
 
Sumber : http://bloginformasidananekatips.blogspot.com/2012/05/bahaya-susu-formula-buat-bayi.html
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Education Of Lemurian - All Rights Reserved
Template Modify by Education of Lemurian
Proudly powered by Blogger