I'm a Lemurian. We have highly advanced technology. I'm proud to be a Lemurian. Let's rise up towards a better country. with the lower ego, understanding others. Samprazan
Home » » Hormon Yang Berperan dalam Kehamilan dan persalinan

Hormon Yang Berperan dalam Kehamilan dan persalinan


Hormon adalah zat kimia yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin. Pada saat hamil, produksi hormon ini mengalami perubahan yang sangat signifikan. Beberapa jenis hormon dan fungsinya yang telah dikenal adalah :
  • HCG ( Human Chorionic Gonadotrophin)
Hormon ini dihasilkan oleh embrio, berfungsi untuk mencegah haid dan meningkatkan kadar progesteron. Kadar HCG yang tinggi pada tiga bulan pertama kehamilan merupakan salah satu penyebab morning sicknes. Bahkan bagi mereka yang tidak mampu beradaptasi baik dengan hormon ini menyebabkan hiperemisis yang berat.
  • Estrogen dan Progesteron
Hormon ini sangat penting dalam kehamilan. Progesteron membantu mempersiapkan lapisan rahim untuk menerima telur yang sudah dibuahi dan merangsang perkembangan jaringan tubuh serta menimbulkan rasa tenang. Bersama dengan estrogen, hormon progesteron juga berguna merangsang perkembangan kelenjar air susu, memperbesar payudara, dan membuat areola melebar dan lebih gelap.
  • Relaxin
Hormon ini melembutkan rahim dan mengendurkan otot panggul sehingga mampu membantu persiapan kelahiran.
  • Oksitosin (Oxytocin)
Oksitosin di produksi oleh hypothalamus ( bagian dari otak), pada kelenjar posterior pituitary “master gland”. Hormon ini adalah hormon reproduksi yang penting. Hormon ini juga berfungsi untuk merangsang dan memperkuat kontraksi rahim saat persalinan. Saat pasca bersalin mampu mencegah perdarahan postpartum dengan memperkuat kontraksi rahim, mampu membantu proses pengecilan rahim, dan merangsang produksi ASI.
  • Prostaglandin
Hormon ini berfungsi untuk merangsang persalinan. Perempuan akan memproduksi ini ketika bayi sudah cukup untuk dilahirkan. Hormon serupa juga terdapat pada cairan ejakulasi yang dimiliki laki-laki. Maka tak heran jika kehamilan telah lewat waktu banyak praktisi kesehatan menyarankan untuk digunakan berhubungan dengan pasangan.
  • Endorphin
Hormon endorphin menimbulkan rasa tenang dan mampu menghilangkan rasa sakit. Hormon ini meningkat selama kehamilan dan memuncak saat persalinan
Semoga bermanfaat
 
Sumber : http://www.bubidan.com
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Education Of Lemurian - All Rights Reserved
Template Modify by Education of Lemurian
Proudly powered by Blogger