I'm a Lemurian. We have highly advanced technology. I'm proud to be a Lemurian. Let's rise up towards a better country. with the lower ego, understanding others. Samprazan
Home » » 10 Tips Kesehatan Bagi Ibu Hamil

10 Tips Kesehatan Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil pasti menunggu-nunggu kelahiran sang jabang bayi yang masih berada dalam rahim. Kesehatan pada calon ibu sangatlah penting untuk menunjang keselamatan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Saat ini telah banyak berdiri pusat kesehatan yang khusus menangani calon ibu, kandungan serta setelah melahirkan. Dengan rutin mengunjungi pusat kesehatan tersebut calon ibu dapat dipantau kondisi fisiknya sehingga dapat dilakukan kontrol kesehatan yang teratur dan tepat. Hal ini dapat menghindarkan calon ibu terhadap permasalahan dan serangan penyakit sewaktu mengandung. Dengan kesehatan yang terjaga juga dapat memperkecil peluang calon ibu untuk kesulitan melahirkan serta keguguran.

Bila kita amati di masyarakat umum, sebenarnya telah berkembang pengetahuan yang baik seputar kesehatan ibu hamil. Misalnya di berbagai wilayah Indonesia terdapat saran dan nasehat yang sudah turun-temurun dari generasi sebelumnya yang berkenaan dengan calon ibu dan kandungannya. Nasihat tersebut seperti larangan oleh orang sepuh bagi calon ibu untuk memakan makanan yang pedas. Jika diamati memang makanan pedas dapat menyebabkan calon ibu mengalami gangguan pada pencernaan sehingga dapat menjadi masalah. Apalagi sakit perut tersebut sampai taraf akut akan dapat mengganggu si janin tentunya. Adapun nasehat yang
lain adalah saran bagi calon ibu untuk sering berjalan ataupun melakukan aktivitas mengepel lantai setelah masuk waktu mendekati proses melahirkan. Saran ini sangat masuk akal karena dengan melaksanakan  kegiatan tersebut calon ibu otomatis akan melatih otot pada kaki dan pinggul. Kekuatan otot pinggul dan kaki sangat mempengaruhi kelancaran proses melahirkan bayi di tempat persalinan.


    *Nasehat Untuk Menjaga Kondisi Ibu Hamil*

Namun demikian, tetap saja masa-masa kehamilan menjadi moment luar biasa yang ditunggu-tunggu oleh semua calon ibu. Ada wanita yang harus menunggu selama bertahun-tahun untuk hamil, ada pula yg segera dikaruniai tidak lama setelah menikah. Semuanya akan meninggalkan kenangan yg tidak terlupakan bagi wanita. Kehamilan bagi si calon ibu adalah keajaiban yg tidak dapat dibeli dengan materi. Kehamilan memang
sering menyebabkan berbagai persoalan kesehatan dan masalah kejiwaan seperti emosi dan stress.

Kendati banyak yang harus mereka lewati, kehamilan tetaplah sesuatu yg indah dan mengagumkan. Namun demikian, wanita harus memiliki banyak pengetahuan sebagai bekal untuk menjalani proses kehamilan yang sama sekali tidak mudah.

Ada banyak hal yang perlu diketahui oleh seorang wanita untuk memelihara kesehatan tubuh dan janinnya. Ada banyak pula persiapan yang harus dilakukan untuk menjalani persalinan dengan lancar.


    *10 Tips Kesehatan Bagi Ibu Hamil*

Berikut ini adalah 10 tips yang dapat diterapkan calon bunda untuk menjaga kesehatan tubuh dan psikologi menjelang kelahiran bayi yang mereka telah nantikan.

 1. Pada trimester awal kehamilan hendaknya calon ibu mengetahui beberapa masalah kesehatan yang akan terjadi dan berusaha mencari tahu solusi yang tepat tanpa rasa panik yang terlalu berlebihan. Wanita hamil harus menyadari bahwa trimester awal kehamilan adalah saat-saat paling rawan keguguran sehingga sangat riskan bagi wanita untuk mengalami stress.

Bagi calon ibu di trimester awal hendaknya menghindari berbagai pekerjaan atau aktivitas yang memberatkan fisik ataupun pikirannya. Karena saat tubuh calon ibu terlalu lelah maka mengakibatkan kondisi tubuh yang lemah, dengan lemahnya tubuh akan mempermudah penyakit masuk dalam tubuh dan mengganggu proses kehamilan. Juga disarankan bagi calon ibu untuk meninggalkan kegiatan yang terlalu memeras pikiran, karena
bila ibu mengalami stress berat maka kesehatan fisik dan mentalnya akan memburuk pula. Oleh karena itu ibu hamil harus mendapatkan perhatian yang lebih mengenai kesehatannya pada trimester, baik perhatian itu dari
dirinya sendiri, dari suaminya ataupun anggota keluarga yang hidup bersamanya semisal orang tua atau mertuanya.

 1. Pada trimester pertama, /ibu hamil/ harus menjaga asupan makanan untuk menjaga janin dari cacat lahir. Konsumsi asam folat 400 mg setiap hari selama 12 minggu sangat penting untuk diterapkan untuk menjaga kesehatan bayi. Asam folat banyak terkandung dalam makanan yang berupa sayuran, buah-buahan atau daging. Sebagai contoh makanan yang berbahan dasar ayam terutama kaki ayam sangat banyak mengandung
    asam folat yang bagus bagi calon ibu. Mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung asam folat sebaiknya dilakukan rutin dengan jadwal yang teratur, banyak sekali buah yang mengandung asam folat semisal kurma, jeruk dan pisang. Selain mendukung kesehatan janin, buah kurma dan pisang sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil karena mengandung banyak vitamin yang diperlukan sewaktu masa kehamilan semisal vitamin A, B, C dan E.
 2. Wanita yang merokok dan atau mengkonsumsi minuman keras hendaknya berhenti segera setelah mengetahui bahwa mereka sedang mengandung. Resiko rokok dan alkohol pada bayi sangat buruk sehingga penting untuk menjauhkan bayi dari kedua hal tersebut. Bagi yang telah berstatus istri sebaiknya segera menghindari 2 kebisaan buruk merokok dan minum minuman keras. Selain manfaat pada saat kehamilan, menghindari rokok dan minuman keras dapat memperbaiki kondisi kesehatan dan memperpanjang umur seorang wanita.
 3. Pada trimester pertama, wanita hamil akan rentan mengalami mual. Hal ini tidak dapat dijadikan alasan untuk tidak mengkonsumsi makanan sama sekali. Perut yang kosong dapat memperparah keluhan mual dan
    dapat menurunkan kesehatan ibu hamil yang akan berbahaya bagi janin mereka. Hendaknya mereka mengkonsumsi pisang untuk mengisi perut dan mulai mencari makanan dengan aroma segar seperti biskuit jahe, the, salad, jus jeruk, atau mint.
 4. Pada trimester pertama, wanita hamil harus memiliki kekuatan psikologi tinggi yang dapat menaklukkan segala kesulitan awal kehamilan yang biasanya tidak mudah dihadapi khususnya bagi wanita yang baru pertama melewati masa kehamilan dalam hidupnya.
 5. Wanita yang sedang hamil biasanya sering mengalami kantuk. Hendaknya wanita hamil tidak menunda-nunda untuk tidur ketika mereka mulai mengantuk. Hal ini penting untuk menjaga stamina dan menyimpan energi untuk selalu siap menghadapi masalah kehamilan. Tubuh yang kuat akan dapat mengatasi berbagai masalah dengan lebih baik.
 6. Ibu hamil harus bekerja ekstra keras dalam menjaga kesehatan. Oleh karena itu, asupan makanan harus dijaga dengan ketat. Makanan yang banyak mengandung vitamin A hendaknya dihindari. Sedangkan makanan
    yang mengandung zat besi harus banyak dikonsumsi untuk mencegah anemia. Sinar UV juga harus dihindari untuk mencegah masalah kulit yang sering terjadi pada wanita hamil.
 7. Memasuki trimester kedua, ibu hamil harus mulai memperbanyak olah raga untuk mempersiapkan kelahiran. Selain itu, olah raga juga sangat baik untuk mengatasi masalah kesehatan wanita hamil seperti perut kembung dan badan lemas. Berenang, jogging, pilates, dan yoga sangat dianjurkan untuk mengisi trimester kedua.
 8. Wanita hamil disarankan juga untuk menjaga kestabilan emosi pada trimester kedua dengan melakukan aktivitas berlibur.
 9. Pada trimester terakhir, ibu hamil harus tenang dan rileks untuk mempersiapkan diri menjelang kelahiran. Segala sesuatu yang penting  untuk persiapan kelahiran seperti senam hamil dan lain-lain harus dilaksanakan dengan disiplin.


    *Persiapan Ibu Hamil Saat Akan Melahirkan*

Saat memasuki trimester akhir atau bulan ke 7 hingga ke 9 akan lebih baik jika calon ibu sering melakukan aktivitas yang menyehatkan. Kegiatan tersebut dapat berupa olahraga ringan semisal jalan-jalan waktu pagi dan di sorenya. Akan tetapi perlu diingat oleh ibu hamil untuk tetap menghindari aktivitas yang berat. Mengetahi tanda-tanda saat akan melahirkan sangat diperlukan oleh calon ibu yang akan melahirkan. Tanda-tanda akan memasuki proses bersalin misalnya keluar lendir dari vagina calon ibu, mengalami kontraksi di perut dan rahim sehingga terasa sakit, merasa lemah, merasa sakit pada daerah selakangan dan pinggul, rahim calon ibu membuka dan keluarnya air ketuban dari rahim sang calon ibu.

Saran terakhir dari Anneahira.com adalah calon ibu hendaknya selalu mengkontrol kesehatan dirinya dan calon bayi. Kontrol kesehatan dapat dilakukan sendiri atau mendatangi pusat kesehatan calon ibu yang terdekat dari tempat tinggal.  Jangan terlalu memilih tempat kontrol kesehatan yang terlalu jauh dari rumah karena itu akan mengakibatkan calon ibu kelelahan dan terserang berbagai polusi sewaktu berkendaraan. Sayangilah calon putra dan putri dengan selalu menjaga asupan makanan dan aktivitas sehari-hari ibu hamil di rumah ataupun di tempat kerja.

Sumber : http://www.anneahira.com
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Education Of Lemurian - All Rights Reserved
Template Modify by Education of Lemurian
Proudly powered by Blogger